• 021- 3913890
  • info@forumcsrkessos.or.id

Perguruan Tinggi Jadi “Jembatan” – Unmul Terlibat di Forum CSR Kessos

buka puasa dgn mensos

Perguruan Tinggi Jadi “Jembatan” – Unmul Terlibat di Forum CSR Kessos

SAMARINDA –Universitas Mulawarman (Unmul) unjuk kontribusi dalam forum nasional. Kali ini dengan bergabung di Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kesejahteraan Sosial (Kessos) Republik Indonesia. Forum resmi bentukan Kementerian Sosial (Kemensos) itu bakal menggalang berbagai potensi CSR dari unsur pengusaha, perguruan tinggi, serta organisasi sosial.

Dari Unmul, Sekretaris Pusat Penelitian Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Humaniora (P3IS-Hum) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Rahmawati diamanatkan jadi penanggung jawab forum di wilayah Kalimantan. Kepada Kaltim Post, Rahmawati menerangkan Forum CSR Kessos RI dibentuk untuk meningkatkan kepedulian dunia usaha dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial.

IMG-20160613-WA0019

DR Rahmawati Thaha , WAKILI KALIMANTAN: Rahmawati (tengah) berfoto bersama Mensos Kholifah Indar Parawansa (dua kanan) dan pengurus Forum CSR Kessos RI.

Keberadaan Forum CSR Kessos RI di Kaltim, menurutnya, dapat menjembatani Unmul dan berbagai perguruan tinggi lain yang memiliki data primer tentang kondisi Kaltim. Dari situ, kemudian dikerjasamakan dengan dunia usaha. Baik berupa Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), maupun swasta. “Program CSR cenderung sendiri-sendiri, kurang koordinasi sehingga hasilnya kurang maksimal,” tutur Rahmawati.

Ia juga menerangkan, selama ini data dan informasi yang dipakai untuk menyalurkan program CSR tidak valid, sehingga target dan sasaran CSR belum fokus dan terukur. Belum lagi minimnya kesadaran perusahaan untuk menyalurkan CSR secara teratur dan merata.

“Sementara posisi Forum CSR Kessos RI ini hanya sebagai wadah koordinasi, fasilitasi, serta konsolidasi para pemangku kepentingan. Sementara keterlibatan Unmul dapat menjadi sumber informasi yang kredibel,” ujar dia.

Tambah dia, Forum CSR Kessos RI merupakan organisasi di bawah Kemensos sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 185/HUK/2016 pada 27 Mei 2016 tentang Forum Tanggung Jawab Sosial Badan Usaha Dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Adapun masa bakti dan keterlibatan perwakilan Unmul dalam forum tersebut berlaku selama lima tahun, ejak 2016–2020.

“Kami ingin memastikan kolaborasi semua lini terlibat untuk pengentasan kemiskinan di Kaltim. Tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Perguruan tinggi dan perusahaan juga harus terlibat aktif,” pungkasnya. (*/him/*/ndy/k9)

 

sumber : http://kaltim.prokal.co/read/news/271657-perguruan-tinggi-jadi-jembatan.html

csrkessosadm
csrkessosadm

Leave a Comment