• 021- 3913890
  • info@forumcsrkessos.or.id

Profil Pengurus

BPP Forum CSR Kessos

Periode 2015 – 2020


GKR Mangkubumi

 

 

GKR Mangkubumi    –  Ketua Umum                                                               

Wanita kelahiran Bogor 24 Februari 1972 merupakan Putri tertua dari Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan nama kecil Gusti Raden Ajeng Nurmalitasari. Nama setelah menikah Gusti Kanjeng Ratu Pembayun ,Putri Mahkota dan penerus Keraton Yogyakarta ini mengenyam pendidikan SD sampai SMA di Yogyakarta, selanjutnya diteruskan di International School of Singapore, Cuesta College, San Louis Obispo, California, USA , Cirus College, Covina, California, USA dan Griffith University, Brisbane, Queensland, Australia.

Hari-hari putri sulung dari Keraton Yogyakarta, GKR Pembayun (Gusti Kanjeng Ratu) Nurmalitasari ini dilalui dengan social activity. Ia membawahi Karang Taruna, Pedagang Pasar, kelompok ibu-ibu usaha Mikro di Yogyakarta. Ia memang lebih memilih kegiatan yang bersifat sosial ketimbang bisnis, ia mengaku jiwanya lebih sosial sebab apa yang ia kerjakan berdasarkan rasa sayang. Hal ini pulalah yang membuat ia enggan terjun ke dunia politik mengikuti jejak kedua orang tuanya. Sebelumnya.

Dalam dunia usaha GKR Mangkubumi banyak menduduki berbagai jabatan antara lain : Komisaris Utama PT Madubaru (PG/PS Madukismo) , Komisaris Utama PT Mataram Mitra Manunggal (BPR Mataram), Direktur Utama PT Yogyakarta Tembakau Indonesia (Industri Rokok) periode 2003-2008, Komisaris Utama PT Yogyakarta Tembakau Indonesia,Direktur Utama PT Yarsilk Gora Mahottama (Industri Sutera).

Sedangkan organisasi yang dipercayakan kepada beliau antara lain : Ketua Umum Karang Taruna Propinsi DIY tahun 2002–2012, Ketua KNPI Propinsi DIY, Ketua Umum BPD AKU Propinsi DIY tahun 2003-2011 (Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera), Wakil Ketua International Association of Wild Silk Moth (asosiasi di Jepang) tahun 2003–2008 , Ketua Umum Koperasi AKU Sejahtera tahun 2005–2009, Ketua Pembina Yayasan Royal Silk (Pengembangan Kawasan dan Pemberdayaan Masyarakat di wilayah Karangtengah) tahun 2006–2010, Wakil Ketua Asosiasi Masyarakat Sutera Alam DIY tahun 2002–2006, Wakil Ketua ASEPHI DIY 2002-2006 (Asosiasi Handicraft), Ketua Asosiasi Masyarakat Persuteraan Alam Liar Indonesia 2006–2010, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia DIY 2006-2011, Ketua Kadin Propinsi DIY, Majelis Pertimbangan Karang Taruna Pusat, Ketua Majelis Pemuda KNPI, Ketua Umum BPP AKU.


Iyuk wahyudi

 

 

Iyuk Wahyudi, SE – Sekretaris Jenderal


Iyuk Wahyudi, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada tahun 1998 ini, telah 16 tahun malang melintang di dunia keuangan mikro. beliau memulai karir profesionalnya sejak masa kuliah sebagai konsultan muda di Pusat Pengembangan Ekonomi Universitas Gajah Mada (PPE-FE UGM), Konsultan pada Small Medium Enterprise Development Center (SMEDEC) UGM, dan Kepala Bisnis Komersial PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Di sektor keuangan, saat ini beliau menjabat Komisaris PT BPR Danatama Artha Mandiri, Ketua Pengurus Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Danatama. Sementara di sektor non keuangan, beliau juga tercatat sebagai Direktur Utama PT Halo Transportindo Jaya, Komisaris PT Halo Retail Makmur, dan Direktur PT Halo Propertindo Jaya.

Dalam aktifitas sosial dan kemasyarakatan, beliau saat ini aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan, terutama yang berhubungan dengan usaha pemberdayaan ekonomi mikro dan pemberdayaan sosial. Pernah menjabat sebagai Sekretaris Perhimpunan Indonesia Baru Yogyakarta, Wakil Ketua KNPI Propinsi Yogyakarta, dan Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia Kabupaten Sleman Yogyakarta. Saat ini beliau menjabat sebagai Sekretaris Jenderal pada Forum CSR Kessos RI, beliau juga menjabat  Sekretaris Jenderal pada Asosiasi Kelompok UPPKS, yakni asosiasi yang beranggotakan ribuan kelompok usaha produktif binaan BKKBN dari 33 propinsi di seluruh Indonesia.


Salman

 

 

Salman Noersiwan Bachtiar, S.Sos.,MT  –Bendahara Umum

Praktisi di bidang komunikasi korporat, ekologi industri, tanggung jawab sosial perusahaan,  pemberdayaan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. Saat ini bekerja sebagai komisaris di Dasa Strategik Indonesia, sebuah firma konsultan di bidang kehumasan, komunikasi dan berkelanjutan serta Kamtumi Rejeki Utami, perusahaan start-up di bidang kewirausahaan sosial. Selain itu bekerja sebagai auditor internal di PT Indonesia Power, perusahaan pembangkit listrik terbesar di Asia Tenggara. Sebelumnya ia bekerja untuk lembaga swadaya masyarakat dan lembaga donor internasional seperti MNH-USAID (2002-2003), WWF Indonesia (2001-2002), ILO and UNICEF (1999-2001).  Di luar waktu kerjanya, Salman menjadi anggota pengurus pusat Indonesia Sustainability Society Professionals (ISSP), Corporate Forum for Community Development (CFCD), Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Forum Filantropi dan Bisnis untuk SDGS serta Asosiasi Koperasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (AKU).

Salman adalah penerima penghargaan nasional dari Perhimpunan Palang Merah Indonesia untuk pengembangan pendidikan remaja sebaya untuk pencegahan penularan HIV/AIDS (2000) dan Penghargaan Kategori Emas bagi Pelaku Pemberdayaan Masyarakat dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (2009). Ia banyak membantu lembaga-lembaga swadaya masyarakat lokal dan organisasi komunitas untuk membangun kesadaran dan keterampilan mereka di bidang bisnis dan niaga untuk memastikan kemandirian dan keberlanjutan organisasi-organisasi tersebut.


sarman simanjorang

 

 

Sarman Simanjorang – Ketua Bid.I Organisasi dan Kelembagaan

Sarman Simanjorang tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang pengusaha. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama, dia hijrah ke Jakarta. Dengan bermodalkan doa dan kata petuah orang tua. Sesampainya di Jakarta, dia menggeluti berbagai profesi. Sales asuransi, sales barang elektronik, sampai kuli bangunan, dia lakoni. Sarman sempat mengikuti ujian penerimaan karyawan di sebuah bank di Jakarta. Delapan tahapan tes seleksi karyawan telah dilewati. Harapan besar dia gantungkan. Namun sayang, Dewi Fortuna belum berpihak kepadanya. Sejak saat itu, dia bertekad tidak lagi mencari pekerjaan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan.

Namun Sarman menyadari untuk memiliki usaha sendiri pasti membutuhkan modal dan itu belum dimilikinya. Dia pun akhirnya memutuskan untuk kembali bekerja sebagai sales advertising. Ilmu dan seluk beluk di dunia advertising dia dalami dan pahami. Setelah dirasa cukup modal, Sarman memberanikan diri membangun usaha di bidang yang sama. “Perusahaan advertising saya dulu mengarah kerjasama dengan Pemda,” kenang Lulusan sarjana strata dua administrasi publik STIAMI. Kini, tak hanya advertising, mengurusi bidang usaha kontraktor dan UKM menjadi bagian dari kesibukannya.

Kesuksesan dalam bisnis itu membawa Sarman aktif di berbagai organisasi. “Berorganisasi  mengajarkan tentang leadership,”ucapnya. Kini selain sebagai Ketua Umum HIPPI DKI Jakarta, dia juga didapuk sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta, Ketua Komite Daging Jakarta Raya, anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta, Wakil Ketua Umum Masyarakat Agribisnis Indonesia (MAI), dan Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta.


Djainal

 

 

Dr. Djainal Abidin SIMANJUNTAK – Ketua Bidang II Data, Informasi dan Komunikasi

Peneliti Senior Lembaga Demografi FEUI lulusan Doktor  Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial  dan Politik Universitas Indonesia. Selain menjadi peneliti saat ini adalah Komisioner Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI  periode 2013 – 2016 yaitu badan yang langsung dibawah Presiden  dan menjadi Majelis Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK)  DKI Jakarta periode 2007 – 2012 dan  2012 – 2017. Lahir di Pematang Siantar pada tanggal 5 Nopember 1961 memiliki pengalaman penelitian antara lain adalah salah satu tim penyusun Grand Disgn Pembangunan Kependudukan  tingkat Nasional dan  Kota Depok . Pengalaman penelitian lain  adalah peneliti Market Information of Lifestle Products in Indonesia  kerjasama dengan  APINDO,  Studi Gender dan Studi Dampak Migrasi  Terhadap Sosial Ekonomi  di Bangka Tengah  dan survey survey tetantng  Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu       Kajian Strategi dan kebijakan Efektifitas CSR dalam dukungan pembangunan di Kota Depok, Kontribusi dari Peternak Susu dalam Pembangunan Daerah di Jawa Timur, Persepsi Publik Terhadap  PT. ASTRA HONDA MOTOR  (AHM),  Evaluasi Program CSR PT Arutmin.

Beberapa kali ikut dalam survey internasional di  Timor Leste.  Disamping peneliti aktif juga dalam organisasi organisasi sosial di tingkat nasional antara lain Ketua BPO Yayasan Jantung Indonesia Pusat, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI)  Nasional, Wakil Ketua DPP Asosiasi Profesi CSR Indonesia (AP-CSRI), wakil Ketua Forum –CSRI Kesos   Tk Nasional periode 2013 – 2016, Ketua DPP BERSAMA dan Wakil Ketua ILUNII Pasca Sarjana UI serta wakil ketua Dewan Pengupahan DKI Jakarta periode 2016 – 2019. kontak email djainal.abidin@yahoo.com


Moh Nadjib3

H.M.  Nadjib – Ketua Bidang III Kemitraan dan Sosialisasi

Drs. H. M. Nadjib, M.Sc., M.Eng., biasa dipanggil Nadjib, lahir di Serang pada tanggal 22 Oktober 1958. merupakan anak pertama dari 7 bersaudara. . Latar belakang pendidikan beliau adalah, ketika SD di Cilegon tahun 1970, Lalu SMP di Cilegon yang berijasah tahun 1973, dan SMA di Serang yang berijasah tahun 1976. kemudian beliau melanjutkan studi Perguruan tinggi Universitas Padjajaran jurusan Fisika, yang berijasah tahun 1986. S2 ke Universitas Indonesia Jurusan Teknik Metalurgi pada tahun 1993 dan Studi S2 Jurusan Teknik Metalurgi di University of Wollongong pada tahun 1995.

Dengan sederet pengalaman di PT KRAKATAU STEEL sebagai Asisiten Direktur sebelumnya beliau pernah sebagai Kepala Divisi Pembinaan Industri Kecil (PKBL) pada tahun 1998 – 2000, sebagai Kepala Divisi Humas & Hubungan Pesaham pada tahun 2000 – 2003, sebagai Manager Operasi Diklat pada tahun 2004 – 2008, Sebagai Manager Keamanan pada tahun 2008 – 2009, sebagai Manager Security & Fire Management pada tahun 2009 – 2010, sebagai Assistant to Direktur SDM & Umum pada tahun 2010. Selain pernah bekerja di Perusahaan juga sebagai  Dosen tetap di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 1986 – 1987, sebagai Guru dan Dosen di berbagai lembaga pendidikan.

Pengalaman Organisasi, Bazis Kota Cilegon sebagai Sekretaris pada tahun 2010 – 2015. Baitul Maal PT. KRAKATAU STEEL sebagai Ketua pada tahun 2011 – 2014. Stikom Al – Khairiyah sebagai Ketua pada tahun 2011 – Sekarang. Cilegon Corporate Social Responsibility (CCSR) pada tahun 2010 – Sekarang. Forum CSR Kesos Provinsi Banten sebagai Ketua pada tahun 2011 – Sekarang. Forum Kota Sehat Cilegon sebagai Ketua pada Tahun 2011 – Sekarang. CSR Program Kemitraan sebagai Ketua pada tahun 2015 – Sekarang.


 

satria

Muhammad Satria – Wakil Bendahara Umum 

MUHAMMAD SATRIA lebih kental sebagai aktivis/penggiat sosial khususnya di Karang Taruna. Sejak duduk dibangku SMA telah aktif dalam kegiatan Karang Taruna di tingkat RW di Jakarta sebagai Ketua. Karir di Karang Taruna terbilang mulus karena semua jenjang dilewati mulai dari tingkat kelurahan (sebagai ketua), tingkat kecamatan (Ketua FKKT), tingkat kota Jakarta Timur (Ketua I FKKT), tingkat provinsi DKI (fungsionaris) dan tingkat provinsi Jawa Barat (Sekretaris 2002-2006 dan Wakil Ketua 2012-2017), hingga tingkat nasional 4 periode hingga saat ini. Mengenal dunia CSR saat aktif di Karang Taruna karena beberapa kali melalui Karang Taruna diajak bermitra dengan dunia usaha baik  program langsung kepada masyarakat (charity maupun comdev) maupun dalam rangka mensukseskan program pemerintah. Hal tersebut diperkuat oleh pemahaman tentang dunia CSR melalui bangku kuliah di FISIP Universitas Indonesia jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Lahir di Jakarta, 4 Mei 1969, menyelesaikan S-1 Kessos tahun 1996. Mulai aktif di Forum CSR Kessos DKI Jakarta sebagai Sekretaris pada tahun 2013 sampai saat ini, dengan kapasitas secara ex officio mewakili Forum Komisaris/Badan Pengawas BUMD Provinsi DKI Jakarta saat itu. Latarbelakang pendidikan dan pengalaman bidang sosial yang kental menjadikannya sebagai konsultan/tenaga ahli (sosial) pemberdayaan masyarakat dibeberapa instansi diantaranya: Depdagri dalam program Sustainable Capacity Building for Decentralization tahun 2006, KPDT RI pada kedeputian IV tahun 2008 dan Kemensos RI pada Direktorat PKKS tahun 2012-2013 serta di Dinas Sosial DKI Jakarta bidang Pemberdayaan Sosial. Selain organisasi sosial seperti KT, aktivitas organisasi lainnya adalah pernah di parpol dan organisasi kepemudaan (KNPI dll). Dengan bekal pendidikan kessos juga pernah bekerja di bidang HRD melalui pendekatan pekerjaan sosial industri di beberapa perusahaan seperti PT Suzuki International, PT Alfa Retailindo Tbk dan PT Kinanti Kreasi Mandiri. Saat ini selain aktif menjadi narasumber bidang kepemimpinan, keorganisasian dan motivasi juga aktif sebagai konsultan HRD, Comdev dan CSR. Dibidang CSR saat ini dipercaya menjadi Konsultan CSR PT Frisian Flag Indonesia. Pengalaman penelitian bidang sosial juga dimiliki terutama saat masih aktif di Pusat Kajian Kessos UI.